Jumat, 19 Oktober 2012

DATA, SASD,DASD,REAL TIME PROCESSING, ON-LINE PROCESSING, BATCH PROCESSING


memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory, atau memory merupakan peranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data dan informasi saat menggunakan komputer. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan media penyimpanan, tehnik-tehnik pengolahan data atau pemprosesan data, serta apa pengertian dari data.
A.       Data
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, symbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.(1)

Menurut kamus oxford definisi data adalah “Facts or information used in deciding or discussing something”, artinya fakta atau informasi yang digunakan dalam menentukan atau mendiskusikan sesuatu juga bisa berarti informasi yang disiapkan untuk disimpan dalam komputer.(2)

Manurut kamus besar bahasa Indonesia penegrtian data adalah keterangan yang besar dan nyata atau keterangan ataua bahan nyata yang dapat dijadikan bahan kajian (analisis atau kesimpulan).(3)

B.        Media Penyimpanan

1.       External Memory
External memori merupakan memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Exstrenal memori menyimpan data dalam media fisik berbentuk kaset atau disk agar tetap mengairi transistor sehingga tetap dapat menyimpan data. Konsep dasar external memori adalah menyimpan data bersifat baik pada saat komputer aktif atau tidak. External memori bisa disebut juga memori external yaitu perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data, diluar memori utama. External memori mempunyai dua tujuan utama yaitu sebagai penyimpan premanen unuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.(4)

a.          Jenis-jenis external memori

1). Berdasarkan Jenis Akses Data(5)
         Berdasarkan jenis aksesnya memori external dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu :
a)      DASD (Direct Access Storage Device) dimana ia mempunyai akses langsung terhadap data prosesnya lebih cepat dabanding SASD karena untuk mengambil data tertentu tidak perlu dicari dari awal berurutan.(6) Contoh
·         Magnetic disk (piringan/ disk magnetic) : simpanan luar yang terbuat dari satu atau lebih piringan yang bentuknya seperti piringan hitam yang terbuat dari metal atau dari plastic dan permukaannya dilapisi dengan lapisan magnet iron-oxide
·         Disk magnetic satu piringan saja terbuat dari plastic floopy disk (micro dan mini disk)
·         Banyak piringan terbuat dari metal : hard disk
·         Optical disk – perekaman data dengan cara pembakaran dibaca lewat optic di CD ROM (Compact Disk-Read Only Memori)
b)      SASD(Sequential Access Storage Device) akses data secara tidak langsung (berurutan) prosesnya lambat karena untuk mencari data tertentu harus selalu dimulai dari awal.(7) Contoh :
·         Kartu Plong / kart upon/ Punch card
Untuk sensus di AS thn 1890 pertama kali
·         Pita kertas / paper tape
-Umumnya lebar 2 1/2 cm
-Posisi pelubangan di pipa kertas menggunakan kombinasi dari 5 baris lubang atau 8 baris lubang.
-Posisi lubang tersebut disebut channel
-data direkam pada pita kertas dengan menggunakan alat pengeplong pita kertas.
-data dapat dibaca ke komputer melalui pembaca pita kertas (paper tape reader).
·         Pita magnetic
- telah banyak digunakan sejak 1950 dikomputer UNIVAC
-dibuat dari pita plastic tipis yang dilapisis dengan lapisan magnet iron-oxide berwarna merah kecoklatan.
-reel to reel tape : pita magnetic untuk komputer besar.
-catridge tape : pita magnetic untuk komputer mini
-cassete tape untuk komputer mikro.

C.       Batch Processing
Batch Processing adalah proses pengolahan data dengan cara menumpuk pekerjaan dan nantinya akan dikerjakan sekaligus. Batch processing merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan waktu komputer, namun untuk mengembangkan program komputer.

Batch Processing yaitu suatu pengolahan data dimana data dukumpulkan dalam kelompok-kelompok yang agak besar sebelum dimasukkan sebagai input dalam komputer untuk periode tertentu kemudian baru dilakukan pengolahan data yang klasik.

Batch Processing adalah suatu moel pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch.

Contoh dari penggunaan batch processing(9) adalah E-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu sistem batch processing, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri ke dalam sistem sacara periodic. Di waktu kemudian, selam siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan. Seperti entri kasir pada tokoh buku (batch processing)

    D.    On-Line Processing
On-line Processing adalah pengolahan data yang dilaksanakan oleh peralatan yang secara langsung dikontrol oleh CPU. Pada pengolahan ini dalam banyak hal masih diperlukan tambahan untuk data yang dikirim dan yang diolah, yaitu Magnetic Tape Unit atau Disc Storage Device dan lain-lainnya.(10)

    E.     Real Time Processing
Real Time Processing adalah pengolahan data yang brejalan secara pararel dengan proses fisik sehingga hasil dari pengolahan data itu muncul secara berurutan. Real time (waktu nyata )dalam sistem pemesana tempat pada penerbangan udara adalah waktu yang diperlukan untuk mengolah jawabannya selagi pelanggan masih berada pada pesawat teleponnya.(11)

1.      Berdasarkan batasan waktu yang dimilikinya, Real Time sistem ini dibagi atas :
a.       Hard Real Time
b.      Soft Real Time
c.       Firm Real Time

2.      Komponen dari Real Time sistem adalah :
a.       Perangkat keras.
b.      Sistem operasi real time
c.       Bahasa pemprograman real time
d.      Sistem komunikasi.

Referensi :

1          1.      http://internet.artikel2.com/pengertian-data.htm
3          3.      http://deskripsi.com/komputer/batch-processing
5. Ukar, K. (2006). Student guide series: Pengenalan komputer. Jakarta : PT Elex Media Komputindo. (google.books.co.id).
6.  Jimmy L. Gaol. (2008). Sistem informasi  manajemen : Pemahaman dan aplikasi. Grasindo (google.books.co.id).
7.     Suyanto, M. (2005). Pengantar teknologi informasi untuk bisnis. Yogyakarta : C.V. Andi Offset (Penerbit Andi). (google.books.co.id)
8.      Sulianta, F. (2010).  IT ergonomics. Jakarta : PT Elex Media Komputindo. (google.books.co.id).
9. Sulianta, F. (2008). Komputer Forensik. Jakarata : PT Elex Media Komputindo. (google.books.co.id).


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar